Minggu, 30 April 2017

Bahagia Itu Mudah Dan Murah



“Mbak, kulihat kamu kok selalu bahagia ya? Apa siih resepnya?” Tanya seseorang padaku. 


Ga ada resep rahasia mb, biasa aja. Tapi mungkin karena aku bersyukur dengan kondisiku mb. Gimana aku gak bersyukur, lha wong Allah ngasih contoh ujian macem-macem sama orang yang Ia datangkan ke rumah. 

Ada teman yang diberi ujian belum menikah sampai usianya matang, karena berbagai hal, termasuk yang sengaja diganggua oleh mantannya agar siapapun yang mendekatinya batal menikah dengannya. Atau diganggu oleh orang yang cintanya ditolak sehingga ia sakit hati dan “mengunci”nya agar tak bisa menikah, nah aku kan sudah nikah. Dan aku harus mensyukurinya. 


Ada temen yang bertahun-tahun  sudah menikah, tapi belum dikaruniai seoranng anak. Nah, aku sudah punya anak. Dan aku harus mensyukurinya. 

Ada temen yang bisa hamil, tapi dalam keadaan yang harus ekstra hati-hati untuk menjaga kehamilannya itu karena kondisi kandungannya lemah. Ga bisa tidur, ga bisa makan karena setiap makan mesti munt*h. Harus bedrest. Nah, aku ga ngalamin itu semua, alhamdulillah waktu aku hamil, kehamilanku sehat. Dan aku harus mensyukurinya. 

Ada temen yang ga bisa tidur, berhari-hari. Bahkan ada juga yang datang ke rumah karena gak bisa tidur selama bertahun-tahun. Sampai badannya kurus kering. Dan aku bisa tidur nyenyak, bahkan ketika kepala nyandar di bantal aja uda pules, hehe saking gampangnya tidur. Dan aku harus mensyukurinya. 

Ada temen yang diuji dengan cobaan anaknyna sakit berkepanjangan sampai ga masuk sekolah berbulan-bulan karena ternyata kena santet orang yang iri dengannya. Dan aku harus bersyukur karena hal itu tidak menimpaku. 

Dan banyaaakkk lagi sesuatu yang keliatannya sepele, tapi itu adalah nikmat bagiku. Dan bentuk rasa syukurku adalah dengan menunjukkan kebahagiaan pada semua orang! Bagaimana aku bisa sedih dengan kondisi begitu? Bagaimana aku gak bahagia jika nikmat Allah yang luar biasa banyaknya ini telah aku peroleh? AKU SELALU BAHAGIA walau tak punya uang sepeserpun di dompet! Karena bahagia itu bukan hanya uang. Karena bahagia itu bukan hanya berupa materi. KARENA BAHAGIA ITU LETAKNYA DALAM HATI. Karena BAHAGIA itu MUDAH dan MURAH, so jangan lupa BAHAGIA yaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar