Senin, 06 Februari 2017

Pilih Sabar Atau Hutang???

Hutang, mungkin sebagian orang sudah terbiasa dengan kata yang satu ini. Tapi, benarkah menambah modal dengan cara hutang bisa membuat usaha kita makin eksis?

Ketika saya tanya temen saya yang bekerja di bank, Hampir tiap hari adaaa saja orang yang mengajukan pinjaman terutama untuk modal kerja. 

Oke, kita bahas perhitungannya aja yuukk...
Seorang pebisnis UKM membutuhkan dana sebesar 25juta yang akan dicicil selama setahun(12bulan) dengan  bunga sebesar 1,5% perbulan. 

Perhitungan bunganya adalah 25juta x 1,5% x 12(bulan) = 4.500.000

Angsuran per bulan: 
Pokok = 25jt ; 12 (bulan) =2.084.000
Bunga = 25jt x 1,5% = 375.000
Total angsuran 2.459.000.
2.459.000 x 12(bulan) = 29.500.000

Jadi kelebihan yang harus dibayarkan pebisnis tersebut adalah senilai 4.500.000 dalam waktu setahun. Ini diasumsikan bahwa bisnisnya berjalan lancar. Tapi, yang tidak kita tahu adalah, jika bisnisnya menurun, omsetnya tidak selancar biasanya. Apakah pihak bank akan mentolerir? No! Mereka tidak mau tahu. Yang mereka tahu adalah bahwa angsuran yang masuk harus sesuai dengan kesepakatan awal. TITIK.

Coba bandingkan bila pebisnis tersebut mau bersabar dengan cara menabung, minimal sebesar angsuran tersebut, ga sampai setahun uda dapet uang 25juta lohhh...uda gitu, ketika pinjam dana di bank ada potongan biaya adm, dan lain-lain, jadi dana yang diterima nggak bunder 25juta..

So, masih mau berhutang? Pilihan ada di tanganmu, kawan..

10 komentar:

  1. aku masih punya utang hihihi tepatnya cicilan rumah...pinginnya setelah rumah ini kelar, kalo pingin apa-apa mau nabung aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip,
      semoga dimudahkan dalam membayar cicilan rumah ya mb retno..aamiin..

      Hapus
  2. Saya pilih sabar saja.
    Ngeri kalau ngutang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah punya pengalaman ga enak kah dengan hutang mas freddy?

      Hapus
  3. Lebih baik sabar aja. Banyak orang hancur gara2 hutang, :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, bener mb nisa.
      lebih baik sabar yaa..

      Hapus
  4. Mending bersabar aja deh mbak, punya utang itu ngenes, beneran deh, meskipun kadang hutang itu bikin ketagihan, karena k=gali lubang tutup lubang. Semoga kita dibebaskan dari hutang-hutang, amiin

    BalasHapus
  5. Sebisa mungkin pilih sabar 😊. Punya utang nanti nggak bisa tidur nyenyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Widya, kadang mikir hutang sampe kebawa mimpi.xixixi..
      #lebaydikit
      wkwkwk

      Hapus