Senin, 28 Maret 2016

Berlibur Ke Makam Sayyid Arif Segoropuro Pasuruan


Alhamdulillah, walau belum punya mobil, tapi bisa jalan-jalan pake mobil. Tanpa bayar alias GRATIS. Alhamdulillah..


Minggu kemaren kami sekeluarga diajak maen ke Pasuruan. Tepatnya ke pemakaman daerah Segoropuro. Tepat pukul setengah delapan kami meluncur. Alhamdulillah tak ada  halangan. Sampai disana, ternyata orang yang akan kami temui tak ada di tempat. Kami hanya berputar-putar mengelilingi daerah pemakaman.


Kompleks makam Sayyid Arif berada di lokasi yang agak tinggi (bukit). Terasa sangat sejuk, sangat kontras dengan kondisi di area parkir yang tak jauh dari area pemakaman. Selain Sayyid Arif, di sini juga dimakamkan Mbah Kendil Wesi dan Sayyid Abdurrahman. Ketiganya merupakan penyebar Islam di Kota Pasuruan dan Madura.


Makamnya yang berada di desa Segoropuro ternyata mempunyai arti yang sangat dalam. Terdiri dari 2 kata yaitu “segoro” ialah lautan dan “puro” yang mempunyai kelengkapan pangapuro adalah pengampunan.
oya, wisata religi ini adalah salah satu bentuk terapi yang dijalankan suami kepada seorang pasien yang pernah hilang selama satu minggu. Lain waktu, Insyaallah akan saya ceritakan pengalaman beliau ketika masuk dunia lain. 

3 komentar: