Minggu, 14 Februari 2016

Pelayanan di Rumah Sakit ini, TOP BGT!


Minggu kemaren, tepatnya tanggal 17 Januari 2016, hari dimana aku ujian PPL di campus, Fatih demam. Kucoba memberinya madu di pagi hari. Senin siang, suhu tubuhnya mulai normal. Sore, panas lagi. Semakin malam, semakin panas. Selasa pagi kuberi lagi madu. Agak siang kondisinya mulai membaik. Tapi perasaanku kok gak enak yaa... jadi aku langsung mriksain Fatih di Ramdani Husada, rumah sakit terdekat dari rumah. Melihat kondisinya, Dokter menyarankan untuk cek darah dan harus opname.
Berbekal kartu BPJS yang aku punya, aku memberanikan diri untuk mengiyakan apa kata dokter. Selain itu, memang sudah beberapa hari ini Fatih enggak mau makan, dan itu bisa tergantikan dengan infus, pikirku. Walaupun

 ada kekhawatiran, jangan-jangan nanti akan ada sesuatu yang membedakan dari segi pelayanan bagi peserta BPJS. Aku pasrah. Yang penting Fatih cepat tertangani.
Ternyata, pelayanan di Ramdani Husada Jatikerto ini beda. Pelayanannya istimewa! Saya benar-benar merasakan perbedaannya, karena dulu saya pernah merasakan tidak enaknya menjadi pasien peserta BPJS. Rumor bahwa pemilik kartu bpjs harus gigit jari dengan pelayanan kesehatan, tidak berlaku disini.Walaupun Faskes Tingkat I ku bukan di Ramdani Husada, tapi saya tetep bisa dilayani tanpa banyak tanya. sayapun meminta untuk pindah Faskes Tingkat I ke Ramdani Husada, alasannya lebih dekat dari rumah. Tak disangka, ternyata prosesnya mudah, gak ribet. yang dibutuhkan adalah foto copy kartu BPJS 1 KK. Tapi kita gak perlu foto copy sendiri. pokok e kita terima beres, dan bisa langsung dipake. enak kaaann??

Dokter, perawat, satpam, bahkan cleaning servicenya ramah-ramah. Kebersihannyapun terjaga. Teringat waktu Fatih harus ganti selang infus di tangan sebelah kiri. Berontaknya luar biasa, hingga banyak darah tercecer di sprei. Dan, saya memberanikan diri untuk ganti sprei. Tanpa menunggu lama, sprei baru, nangkring di kasur Fatih. Alhamdulillah...



Dan, hari itu adalah hari yang kami tunggu-tunggu. Hari dimana Fatih diperbolehkan pulang. Ternyata pake BPJS disini, di Ramdani Husada Jatikerto, bener-bener GRATIS! Kecuali ada obat /vitamin yang tidak ditanggung oleh BPJS. Kalo saya, kemaren, atas permintaan sendiri meminta vitamin tambahan karena Fatih sama sekali tidak mau makan. Vitaminnya langsung dimasukkan ke dalam cairan infus. Jadi walaupun asupan makannya kurang, tapi dia tidak loyo. Iseng, saya nanya tarif yang dikenakan kepada pasien yang hendak pulang. Masuk Rumah Sakit skitar jam 10 malem dan diperbolehkan pulang sore keesokan harinya. Skitar 900ribuan. kalo saya gak pake BPJS, kemungkinan mbayarnya adalah 900.000 x 6 hari = Rp 5.400.000 (Lima juta empat ratus ribu rupiah). Hmmm..lumayan yaa..
 Setelah menyelesaikan urusan di bagian administrasi, Fatih diberi hadiah. Buku bantal. Buku yang didesain khusus untuk anak-anak. Gak sobek. Karena terbuat dari kain yang di dalamnya ada dacron atau silicon, jadi bisa juga dipake sebagai bantal untuk si kecil. Buku yang ingin saya belikan untuk Fatih, ternyata kami peroleh secara GRATIS dari Rumah Sakit Ramdani Husada Jatikerto. Fatih memilih sendiri buku bantal yang ia suka. Yang dipilih adalah “Mengenal Huruf Hijaiyah dari Alif sampai Ya” dengan gambar binatang.



Seolah lupa dengan sakit bekas tusukan selang infus di tangannya, Fatih dengan asyiknya membolak-balikkan buku bantal yang ia peroleh. Sampai tidurpun, gak mau pake bantal biasa. Maunya pake buku bantal. Alhamdulillah... terimakasih Rumah Sakit Ramdani Husada Jatikerto Malang...
Bagi pemilik kartu BPJS, pergunakan dan manfaatkanlah sebaik-baiknya. Kalau sakit, langsung periksa..jangan nunggu sampai parah, agar penyakitnya semakin cepat terdeteksi dan cepat tertangani. Pilihlah Rumah sakit yang tidak pandang bulu dalam menangani pasien. Seperti Rumah Sakit Ramdani Husada, misalnya.

Kalau memang enggak sakit, syukuri..jangan pernah menyesal telah mengeluarkan uang setiap bulan, anggap saja kita sedekah sama orang yang diberi cobaan sakit. 

Jangan lupa tinggalkan komentar dan alamat blogmu ya kawan, biar bisa aq follow.. Ok??

15 komentar:

  1. Assalamualaikum Bunda,

    I love what you've shared . Alhamdulillah bulan November tahun lalu anakku juga mendapatkan pelayanan yang bagus dari program BPJS, awalnya pun kami juga takut dan ragu menggunakan BPJS,

    Tapi bunda yang harus digaris bawahi adalah tingkat kelas itu sendiri, dari yang aku baca bunda kelas 1 ya? Karena saya pun juga kelas 1 , memang rata rata mendapatkan pelayanan yang lebih baik dibandingkan kelas 3 (gratis). Dan saya setuju memang kita sebagai peserta BPJS harus mencari tahu rumah sakit mana yang benar2 mendukung program BPJS, karena pengalaman mertua aku, beliau kelas 1, namun pernah dirawat tapi harus kelas 3 karena alasan kamar penuh .. Ya apa boleh buat harus dilakukan tindakan cepat jadi mau ga mau harus terima ..

    Yang anak saya pun harus ke rs lain padahal saya periksanya di UGD RS A, tapi alasannya penuh akhirnya saya coba RS B dan Alhamdulillah dapat pelayanan yg sesuai dengan kelasnya.

    Jadi semua hal pasti ada plus minusnya, tinggal kita sebagai user/peserta harus pintar mengetahui seluk beluk hal tsb, insya Allah diberi kemudahan oleh Allah swt

    Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk peserta BPJS lainnya. Jangan takut bertanya (mencari tahu)

    Wassalam Bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya tambahan,

      RS rekomendasi saya daerah Jakarta Utara : RS Islam Sukapura.
      Terima Kasih

      Hapus
    2. Wa'alaykumsalam..
      saya BPJS kelas 2 kok..hehehe
      terimakasih uda mampir kesini dan terimakasih juga uda berkenan memberi rekomendasi RS yg bagus bagi peserta BPJS area Jakarta Utara.
      salam kenal..

      Hapus
  2. Ramdani bisa pakai BPJS juga kah? Wah keren .... Setauku sih di Wafa, soalnya deket rumah

    BalasHapus
  3. iya jeng, pake BPJS..tapi pelayanane MANTAAPPP..
    eh, ada program senam hamil jg loh jeng...GRATISSS..

    BalasHapus
  4. Jadi pengen ke WC rumah sakitnya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, ke rumah sakit cuma pengen kesono doang??wkwkwk

      Hapus
  5. Terima kasih ulasan dan komentarnya. Mudah2an memicu kami untuk menambah kualitas layanan kami. Kami juga melayani skin care lo. Salam
    Managemen

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya memang saya ingin berbagi pengalaman yang saya rasakan berkenaan dengan pelayanan dr RS Ramdani Husada. Apalagi banyak yg berkomentar negatif tentang pelayanan dari peserta BPJS dan itu tidak saya alami di Ramdani.

      Iya prof, saya juga berharap demikian..semoga visi misi Ramdani Husada tercapai.aamiin..

      Hapus
    2. Minta rujukan gampang gak?

      Hapus
    3. gampang banget, terus biasanya kita diingetin kalo surat rujukan itu berlaku selama 1bulan, jangan sampe hilang. Bisa di foto copy, kalo misal butuh lagi, ga perlu ke ramddani lagi..

      Hapus
  6. Kalau untuk pelayanan usg , pemeriksaan kehamilan dan persalinan bagaimana?

    BalasHapus
  7. kalau usg di ramdani husada apa bisa pakai bpjs?? tp fakes sebelumnya di klinik melati malang apa bisa langsung pindah ke ramdani???

    BalasHapus
  8. infonya bagus sekali, supaya rumah kita tahan terhadap gempa
    Desain ruang tamu

    BalasHapus
  9. Bagi jadwal usg dong hari apa dan jam berapa

    BalasHapus