Kamis, 29 Oktober 2015

Mangga muda melimpah, bingung mau ngolah??

Musim mangga tlah tiba,
Musim mangga tlah tiba, hore hore hore!!!

Saya suka sekali dengan yang namanya mangga. Mangga muda terutama. Yup, mangga yang pas buat ngerujak. Dan mangga yang cocok bagi lidah saya tuuu... ya mangga manalagi. Walaupun mangga muda, tapi rasanya nggak kecut. Nggak bikin gigi ngilu pas makan. Mangga muda biasanya selalu saya olah jadi rujak. Dengan petis madura yang rasanya asin-asin sedap tu. Rasanya maknyuusss..pas banget di lidah. Ni resep rujak ala aku:

Bumbu:
1.       Seujung sendok teh garam
2.       Seujung sendok teh gula
3.       1 tomat ukuran sedang
4.       5 biji cabe rawit (sesuai selera)
5.       3 sendok makan petis madura
Campur semua bahan dalam cowek (cobek) uleg deh. Bumbu ini tanpa make’  air ya temen2..jadi airnya sudah didapat dari tomat. Hasilnya kental, enggak encer.
Kupas mangga muda, dan iris kecil2 menyamping. Rujak ala Nia siap disantap.


Ngerujak udah, tapi mangga masih banyak. Bingung mau ngolah? Buat asinan aja. Caranya gampang kok..
Siapin :
ü  7 sendok makan gula (makin banyak makin enak)
ü  Seujung sendok teh garam
ü  10 cabe rawit, iris (sesuai selera, rasanya nggak terlalu pedes karena cuma di  iris2 doang)
ü  Wadah tertutup(toples plastik)

Kupas mangga, iris menyamping. Lakukan sampe mangga habis.
Masukkan irisan mangga ke dalam toples, masukkan irisan cabe, taburi garam dan gula. Diamkan dalam lemari es semalam. Makin lama, rasanya makin enak. Gulanya nanti akan mencair yaa, jadi gak perlu ditambahin air. Rasanya lebih menggigit bo’.
Tips : kalo nggak mau makan langsung habis, ambil dengan sendok. (kalo aq sih, gak pernah tahan lama. selalu habis sekali makan.xixixi)

Selamat mencoba... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar